Ulasan 2 - Boot Proses Linux

Pada ulasan kali ini saya akan membahas mengenai boot proses pada Linux. Pembahasan yang akan diulas bersumber dari video youtube, berikut informasinya.

Judul video : Linux Boot Process
Durasi : 5:14 menit
Pengarang : HandsonERP
URL : https://youtu.be/ZtVpz5VWjAs

Boot process atau proses boot adalah proses yang terjadi ketika komputer dinyalakan, awal ditekan tombol power- nya, mengecek hardware dan sampai komputer siap digunakan. Proses boot pada Linux ada 6 proses yaitu BIOS, MBR, GRUB, Kernel, Init dan Runlevel. BIOS (Basic Input Output System) melakukan pengecekan integritas sistem dari pencarian, me-load dan mengeksekusi program boot loader pada memori eksternal, MBR (Master Boot Record) terdapat pada sektor pertama dari bootable disk yang ukurannya kurang dari 512 bytes. GRUB (Grand Unified Bootloader)  akan menampilkan splash screen.dan me-load kernel image atau file system. Kernel akan membaca Root File System (Configuration File: grub.conf) dan mengeksekusi init program. Init memutuskan Run Level untuk menjalankan startup program. Run Level akan mengeksekusi program untuk run level tersebut.

Pembahasan dalam video tersebut sudah mencangkup seluruh proses-proses boot pada Linux dengan cukup jelas dan ringkas, ditambah dengan visual dalam presentasi yang memudahkan penonton untuk paham materi yang disampaikan.

Github Account : ganigemilar
URL Ulasan : http://ganigemilaros.blogspot.co.id/2017/05/ulasan-2-boot-proses-linux.html
URL Video : https://youtu.be/ZtVpz5VWjAs
Video Author : HandsonERP
Pemetaan : week03
Revisi Pertama : 16 Mei 2017
Revisi Terakhir : 16 Mei 2017


Komentar

Postingan populer dari blog ini

RANKING10 ULASAN PESERTA OS 2017

RANKING00 ULASAN PESERTA OS 2017

Ulasan 1 - Perkenalan Sistem Operasi